Pages

Jumat, 10 Januari 2014

Burung ini punya bakat jadi desainer!

Anda pernah melihat sarang burung? Belum? yah memang sudah sangat jarang di era modern ini bagi kita untuk sekedar melihat sarang burung. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya bentuk sarang burung itu saaaaangat bervariasi, tidak hanya berbentuk seperti mangkuk yang sering anda lihat di televisi. Kali ini saya akan mengulas sarang burung Bowerbird yang menurut saya memiliki desain yang sangat menakjubkan.

Bowerbird adalah sebutan untuk burung-burung dari famili Ptilonorhynchidae yang total berjumlah 20 spesies. Ukurannya bervariasi dari yang paling kecil kira-kira 22cm hingga ada yang mencapai ukuran rata-rata 40cm. Lalu dimana uniknyaa????

Nah, hal menakjubkan dari bowerbird ini terletak pada perilakunya pada saat musim kawin. Seperti hewan lain burung ini melakukan courtship / atau menarik lawan jenis. Bahasa gaulnya "pedekate" / flirting. Nah, kalau spesies lain biasanya menarik lawan jenis dengan cara memberi hadiah atau beradu kekuatan dengan jantan lain, bowerbirds justru mencoba menarik lawan jenis dengan kemampuannya membangun sarang yang indah! Nah seperti yang sudah anda duga, makin menarik sarang yang dibuat seorang pejantan, maka makin besar kemungkinan para betina untuk kawin dengan pejantan tersebut. Sungguh unik bukan?

Nih, contoh sarang-sarang yang dibuat oleh bowerbirds:
(klik untuk memperbesar)

(http://thewildernessalternative.wordpress.com)

(http://posterlounge.co.uk)

(http://bio120si.wordpress.com)

(http://timlaman.com)


Nih artisnya sedang bekerja

(http://duskywondersite.com)
Burung aja bisa kreatif, masa kita nggak?

0 comments:

Posting Komentar