Pages

Selasa, 22 Mei 2012

Gimana ya rasanya punya jantung di dada sebelah kanan?

Anda tentu tahu kan kalau letak jantung itu di dada dan letaknya agak ke kiri? Pernahkah anda membayangkan bila jantung anda ada di sebelah kanan dada? Nyatanya memang ada kelainan seperti itu. Dan bukan hanya jantung, seluruh organ tubuh orang dengan kelainan ini terbalik seperti cermin!



Kelainan ini dinamakan situs inversus yang diperkirakan terjadi kira-kira 1 dari 10.000 orang di dunia, tidak terlalu langka juga bukan? Kelainan ini pertama kali terdokumentasikan pada gambaran anatomi Leonardo da Vinci sekitar abad ke-14, namun baru berhasil diidentifikasi berabad kemudian oleh Matthew Baillie.

Seperti namanya, orang-orang dengan kelainan ini memiliki organ-organ yang terbalik antara kanan dan kirinya. Orang dengan organ normal, disebut situs solitus, memiliki organ-organ dengan letak normal seperti jantung dan pankreas di sebelah kiri atau liver dan usus buntu di sebelah kanan. Namun orang-orang dengan situs inversus memiliki jantung dan pankreas di sebelah kanan, liver dan usus buntu di sebelah kiri. Bahkan paru-paru yang seharusnya sebelah kanan memiliki tiga lobus dan sebelah kiri memiliki dua lobus menjadi terbalik juga.

Situs Inversus Totalis (howstuffworks.com)


Bila ditelaah lebih jauh ada dua tipe situs inversus, yaitu situs inversus totalis, dimana seluruh organ termasuk jantung menjadi terbalik (dextrocardia), dan situs inversus incompletus, dimana seluruh organ terbalik namun jantungnya tetap di sebelah kiri (levocardia). Oh ya, sekedar info, dextro= kanan dan levo= kiri.

Pengaruhnya bagi kesehatan

Meskipun sekilas kelainan ini sangat unik dan membahayakan, sebenarnya sebagian besar orang-orang dengan kelainan ini tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kelainan tersebut hingga saat mereka memiliki keluhan dan harus pergi ke dokter.

Kelainan ini juga dapat membingungkan dokter. Misalnya, bila seseorang mengidap usus buntu memiliki keluhan sakit pada perut sebelah kanan, orang dengan situs inversus justru merasa sakit pada perut sebelah kiri. Bahaya kan bila sampai salah diagnosa? Karena itu orang dengan kelainan ini harus memberitahukan kondisi tubuhnya sebelum proses diagnosis dimulai.

Kelainan ini juga berpengaruh besar pada proses transplantasi organ. Dokter bedah harus menyambungkan pembuluh arteri dan vena serta memposisikannya dengan berpedoman pada gambaran cermin organ normal supaya tidak salah menyambungkan pembuluh-pembuluh darah yang sesuai.

Siapa sih yang punya situs inversus?
Salah satu contoh orang terkenal yang memiliki situs inversus adalah Randy Foye, pemain NBA professional. Meskipun memiliki situs inversus totalis, terbukti kelainannya tidak membahayakan karirnya sebagai pemain basket professional.

Sungguh unik kan? Coba raba dada anda, sudah yakin detak jantung anda di sebelah kiri?




Courtesy of sapphire07.deviantart.com



21 comments:

armortec mengatakan...

jantung saya sebelah kanan, biasanya gejala-gejala apa saja yang membahayakan pada orang yang seperti saya ini..
terima kasih

deandrajaxson mengatakan...

Jantung saya di sebelah kanan dan organ tubuh saya spt cermin juga tdk ada masalah, alhamdulillah(:
Saya saat masih berumur 1,5 tahun sdh cek dn tdk bermasalah. Skrg saya sdh 11 th 11 bulan:)

deandrajaxson mengatakan...

Jantung saya di sebelah kanan dan organ tubuh saya spt cermin juga tdk ada masalah, alhamdulillah(:
Saya saat masih berumur 1,5 tahun sdh cek dn tdk bermasalah. Skrg saya sdh 11 th 11 bulan:)

Anonim mengatakan...

menarik sekali..saya ingin bertanya apakah secara psikologis ada pengaruhnya? misalnya seperti punya dua karakter

Abim mengatakan...

Kelainan ini (atau lebih baik disebut keunikan, karena sama sekali tidak bersifat negatif) tidak membawa dampak buruk seperti kepribadian ganda yang disebutkan oleh saudara.

Organ-organ biasanya berfungsi normal, hidup sehat sama seperti orang pada umumnya, malah bahkan biasanya keunikan ini tidak disadari oleh pemiliknya. Biasanya baru disadari secara tidak sengaja saat melakukan MRI atau CT Scan untuk penyakit yang lain.

Unknown mengatakan...

saya juga punya jantung disebelah kanan, awalnya bingung pas pelajaran biologi kenapa posisi jantungku tidak condong kekiri.
ternyata bener waktu smp aku kena flek paru dan harus menjalani rontgen jantungku ini abnormal. tapi saya lebih suka menyebutnya anugrah Tuhan karena saya tetap hidup normal

Unknown mengatakan...

Terima kasih informsinya , sangat bermanfaat sekali ..
oya untuk referensi yang lain mungkin bisa juga baca2 disini mengenai nyeri dada disebelah kanan http://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/nyeri-dada-terasa-di-sebelah-kanan

Unknown mengatakan...

Anak laki2 saya lahir 2 hari yang lalu. Dan kemarin harus rontgen bagian paru2 karena agak sesak nafas. Sungguh terkejut saya setelah melihat hasil rontgen. Paru2 nya sehat,dan anak saya di diagnosis mengalami dextrocardia, jantung berada di sebelah kanan. Semoga anak saya bisa tumbuh besar seperti kakak nya yg lain.

Unknown mengatakan...

Umur saya 40 Tahun, Jantung saya juga di sebelah kanan, Alhamduillah dikasih nikmat tidak ada masalah oleh Allah.

Unknown mengatakan...

umur saya 34 thn.saya dextrocardia. saya tau kalo saya dextrocardia waktu umur 21 thn ketika ronsen utk urusan magang. saya sampe dironsen dua kali oleh dokternya utk meyakinkan bahwa saya dextrocardia. Puji Tuhan saya baik2 saja dan semoga sehat selalu.

Pondok Jeruk mengatakan...

Baru saja nonton film the bodyguard 2016, lakonnya jantungnya sebelah kanan, jadi nyasar kesini setelah cari

Unknown mengatakan...

Anak sy umur 2bln.baru ronsen td pas periksa krna batuk.kaget pengen nangis dan gak percaya hasil rongsen ny jantung ank sy berada d sebelah kanan. dr cuma ngyakinin ini gpp cuma masih ada beberpa kemungkinan bsok diskusi lg dgn ahli ny kt dr.lanjut dgn ngntri ngambil obat browsing d google tntang knp dn berbhya ny apa dg orng yg kelainan ini baca2 ktnya harus ad tindkn operasi v itu jga dr hrs memprtimbngkn tntang operasi tsb.takut sakit hati ini v browsing lg dn nemuin artikel ini sy jd kuat krn bkan ank sy sja yg mengalamin hl ini sy jd percaya bahwa kuasa tuhan itu ada dgn ada ny kalian yg menuliskn pengalaman spt yg saya alami skrng.semoga sy dan ank sy kuat ammin.

Unknown mengatakan...

Umur sy 22 tahun karena untuk keperluan operasi sy harus rontgen dan sblum hasil sy ambil sy di telfon dr rs untuk rontgen kembali setelah sy melihat hasilnya trnyta situs inversus yang artnya jantung saya disebelah kanan dan tidak pd semestinya smpt binggung dan kepikiran banget tp artikel ini membuat saya agak tenang karena trnyata bukan cuma sy yg mengalami hal tsb. Harapan sy si smg sllu dberikan kshtn dan pjg umur walaupun dg keadaan demikian

Unknown mengatakan...

Umur sy 22 tahun karena untuk keperluan operasi sy harus rontgen dan sblum hasil sy ambil sy di telfon dr rs untuk rontgen kembali setelah sy melihat hasilnya trnyta situs inversus yang artnya jantung saya disebelah kanan dan tidak pd semestinya smpt binggung dan kepikiran banget tp artikel ini membuat saya agak tenang karena trnyata bukan cuma sy yg mengalami hal tsb. Harapan sy si smg sllu dberikan kshtn dan pjg umur walaupun dg keadaan demikian

Siti Nurlatifah mengatakan...

Salam kenal dan salam Syukur Alhamdulillah, anak saya yang masih bayi juga mengalami kelainan jantung seperti anda,disini saya mau sharing dan berbagi cerita dan saya mohon anda berkenan untuk berbagi cerita, terima kasih, ini kontak saya 081333584528

Unknown mengatakan...

Sma anak sya yg ke 2 jga pnya kelainan jantung di sebelah kanan,sblmny jg blm prnh ronsen bru ktahun stlah sesak nafas batuk pilek trus di bwa ke Rs akhirny dsuruh ronsen,dr situlah sya bru tahu klau anak sya jantungny dsblah kanan,,anakny sya umur 1th smoga bsa tmbuh sprti anak2 yg lainy gk ada keluhan apa2 dBerikan kesehatan dan umur pnjng ,aminnmn

aurelliabutterfly.event&weddingorganizer mengatakan...

Anak saya juga.. Sekrng usian 7th.. alhmdulilah sehat.. mohon sharing kepada tmn2 yg berpengalaman.. cp 085247153141

Unknown mengatakan...

Saya umur 36th,dan jantung saya sblh kanan,pas tau thn 2012 mau lahiran anak kedua wkt it mau di cesar,dan kbtln di rmh skit ternama dan bru di buka..sempat bkin heboh rmh skt jga,krn sdh wkt mo di opersi gak jd krn hsl labnya sya skit jantung koroner ehh gak taunya salah diagnosašŸ˜Škrn yg di prksa posisi sblh kiri..tpi mnrt org tua saya tdk ormh sakit atw mengeluh nyeri sdkit pun,smpe skrg saya ke rmh skit it pas lahiran anak2 saya.kbtlan anak saya skrg putra dan putri.dan sya antibodynya blh di kta paling kuat jarang skit,yaa kcli skit gigi sih..tpi inilah kuasa Tuhan sang pencipta,saya sempat risih di blg aneh,pdhal kita itu unik sebnrnya..dan semua tentakel di dlm tubuh saya kta dokter pindah tempat,usus bntu saya sblh kiri.dokter sarankan utk cek hati saya apa kedudukannya berpindah atau tidak..tpi sya tdk mau,,yg penting saya punya hati itu sajašŸ˜Š❤. Semangad dan bersyukur saja kita yg pnya keunikan dri Tuhan krna bsa pnya jantung sblh kanan

Mardina mengatakan...

Umur saya 28 tahun sekarang, saya juga mengalami kasus yang sama dengan anda, smpai rongten 2 kali untuk meyakinkan bahwa saya dextrokardia.wkwk...semoga kita sehat selalu ya

Unknown mengatakan...

Umur saya 30 tahun.. Bulan 9 masuk rs karna ispa, distu saya di usg dokter terkejut dgn posisi jantung saya dikanan n hati dikiri.. Saya anggap ini anugerah terindah dari ALLAH SWT, scara saya masih diberi keshtan n organ2 dlm tubuh saya jg baik2 saja.

Unknown mengatakan...

Saya 40th, baru tau dextrocardia ketika umur saya 38th. Sejak kecil saya jarang sakit, cuma batuk pilek biasa.
Ketahuan dextrocardia karena saya batuk sampai 1bln lebih sampai tidak bisa bernapas. Di UGD di x-ray sampai 2x dan di USG baru ketahuan ternyata jantung di sebelah kanan

Posting Komentar