Pages

Selasa, 22 Mei 2012

Gimana ya rasanya punya jantung di dada sebelah kanan?

Anda tentu tahu kan kalau letak jantung itu di dada dan letaknya agak ke kiri? Pernahkah anda membayangkan bila jantung anda ada di sebelah kanan dada? Nyatanya memang ada kelainan seperti itu. Dan bukan hanya jantung, seluruh organ tubuh orang dengan kelainan ini terbalik seperti cermin!



Kelainan ini dinamakan situs inversus yang diperkirakan terjadi kira-kira 1 dari 10.000 orang di dunia, tidak terlalu langka juga bukan? Kelainan ini pertama kali terdokumentasikan pada gambaran anatomi Leonardo da Vinci sekitar abad ke-14, namun baru berhasil diidentifikasi berabad kemudian oleh Matthew Baillie.

Seperti namanya, orang-orang dengan kelainan ini memiliki organ-organ yang terbalik antara kanan dan kirinya. Orang dengan organ normal, disebut situs solitus, memiliki organ-organ dengan letak normal seperti jantung dan pankreas di sebelah kiri atau liver dan usus buntu di sebelah kanan. Namun orang-orang dengan situs inversus memiliki jantung dan pankreas di sebelah kanan, liver dan usus buntu di sebelah kiri. Bahkan paru-paru yang seharusnya sebelah kanan memiliki tiga lobus dan sebelah kiri memiliki dua lobus menjadi terbalik juga.

Situs Inversus Totalis (howstuffworks.com)


Bila ditelaah lebih jauh ada dua tipe situs inversus, yaitu situs inversus totalis, dimana seluruh organ termasuk jantung menjadi terbalik (dextrocardia), dan situs inversus incompletus, dimana seluruh organ terbalik namun jantungnya tetap di sebelah kiri (levocardia). Oh ya, sekedar info, dextro= kanan dan levo= kiri.

Pengaruhnya bagi kesehatan

Meskipun sekilas kelainan ini sangat unik dan membahayakan, sebenarnya sebagian besar orang-orang dengan kelainan ini tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kelainan tersebut hingga saat mereka memiliki keluhan dan harus pergi ke dokter.

Kelainan ini juga dapat membingungkan dokter. Misalnya, bila seseorang mengidap usus buntu memiliki keluhan sakit pada perut sebelah kanan, orang dengan situs inversus justru merasa sakit pada perut sebelah kiri. Bahaya kan bila sampai salah diagnosa? Karena itu orang dengan kelainan ini harus memberitahukan kondisi tubuhnya sebelum proses diagnosis dimulai.

Kelainan ini juga berpengaruh besar pada proses transplantasi organ. Dokter bedah harus menyambungkan pembuluh arteri dan vena serta memposisikannya dengan berpedoman pada gambaran cermin organ normal supaya tidak salah menyambungkan pembuluh-pembuluh darah yang sesuai.

Siapa sih yang punya situs inversus?
Salah satu contoh orang terkenal yang memiliki situs inversus adalah Randy Foye, pemain NBA professional. Meskipun memiliki situs inversus totalis, terbukti kelainannya tidak membahayakan karirnya sebagai pemain basket professional.

Sungguh unik kan? Coba raba dada anda, sudah yakin detak jantung anda di sebelah kiri?




Courtesy of sapphire07.deviantart.com



9 comments:

Yudha Aldi mengatakan...

jantung saya sebelah kanan, biasanya gejala-gejala apa saja yang membahayakan pada orang yang seperti saya ini..
terima kasih

deandrajaxson mengatakan...

Jantung saya di sebelah kanan dan organ tubuh saya spt cermin juga tdk ada masalah, alhamdulillah(:
Saya saat masih berumur 1,5 tahun sdh cek dn tdk bermasalah. Skrg saya sdh 11 th 11 bulan:)

deandrajaxson mengatakan...

Jantung saya di sebelah kanan dan organ tubuh saya spt cermin juga tdk ada masalah, alhamdulillah(:
Saya saat masih berumur 1,5 tahun sdh cek dn tdk bermasalah. Skrg saya sdh 11 th 11 bulan:)

Anonim mengatakan...

menarik sekali..saya ingin bertanya apakah secara psikologis ada pengaruhnya? misalnya seperti punya dua karakter

Abim mengatakan...

Kelainan ini (atau lebih baik disebut keunikan, karena sama sekali tidak bersifat negatif) tidak membawa dampak buruk seperti kepribadian ganda yang disebutkan oleh saudara.

Organ-organ biasanya berfungsi normal, hidup sehat sama seperti orang pada umumnya, malah bahkan biasanya keunikan ini tidak disadari oleh pemiliknya. Biasanya baru disadari secara tidak sengaja saat melakukan MRI atau CT Scan untuk penyakit yang lain.

elistia falupi mengatakan...

saya juga punya jantung disebelah kanan, awalnya bingung pas pelajaran biologi kenapa posisi jantungku tidak condong kekiri.
ternyata bener waktu smp aku kena flek paru dan harus menjalani rontgen jantungku ini abnormal. tapi saya lebih suka menyebutnya anugrah Tuhan karena saya tetap hidup normal

nasi jamilah mengatakan...

Terima kasih informsinya , sangat bermanfaat sekali ..
oya untuk referensi yang lain mungkin bisa juga baca2 disini mengenai nyeri dada disebelah kanan http://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/nyeri-dada-terasa-di-sebelah-kanan

Noveicalistus H Djanggu mengatakan...

Anak laki2 saya lahir 2 hari yang lalu. Dan kemarin harus rontgen bagian paru2 karena agak sesak nafas. Sungguh terkejut saya setelah melihat hasil rontgen. Paru2 nya sehat,dan anak saya di diagnosis mengalami dextrocardia, jantung berada di sebelah kanan. Semoga anak saya bisa tumbuh besar seperti kakak nya yg lain.

Aan Husada mengatakan...

Umur saya 40 Tahun, Jantung saya juga di sebelah kanan, Alhamduillah dikasih nikmat tidak ada masalah oleh Allah.

Posting Komentar