Pages

Selasa, 23 Maret 2010

Menghadapi Pancaroba

Musim kemarau sebentar lagi datang, tapi musim hujan belum juga usai. Masa-masa peralihan antara dua musim ini sering disebut sebagai musim pancaroba. cuaca tidak menentu, kadang panasnya menyengat, tetapi seringkali tiba-tiba hujan, bahkan cukup deras.

Kondisi yang tidak stabil ini menyebabkan kondisi tubuh turut labil. Daya tahan menurun, akibatnya tidak jarang seseorang terkena penyakit, apalagi mereka yang kurang menjaga kesehatannya.

Sakit itu tidak enak, (jelas sekali, penulis sangat sadar akan hal itu, hehe :P), dan biaya pengobatan pun juga tidak murah.
Karena itu muncullah pepatah "Lebih baik mencegah daripada mengobati".

Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya penyakit:
  1. Makan makanan dengan gizi seimbang, bila tubuh kita kekurangan gizi maka daya tahan tubuh kita pun berkurang, karena itu saat kita lapar usahakan segera isi perut dengan makanan yang bergizi.
  2. Perbanyak asupan sayur dan buah, penting sekali karena sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan zat-zat lain yang sangat diperlukan oleh tubuh.
  3. Kurangi / hindari makan di luar, usahakan makan di rumah atau membawa bekal sendiri dari rumah. saat kita makan di luar, sulit untuk memastikan higienisitasnya. kita tidak tahu bahan apa saja yang dipakai untuk membuat makanan tersebut, bersih-tidaknya piring dan alat makan yang kita pakai, apakah makanan tersebut masih segar, dll.
  4. Berolahraga teratur, walaupun sibuk luangkana waktu 15-30 menit sehari untuk berolahraga ringan. Olahraga membantu menstabilkan metabolisme.
  5. Istirahat yang cukup, dewasa ini kita terbiasa dengan aktivitas yang padat, tapi jangan sampai waktu istirahat kita kurang. Orang dewasa membutuhkan minimal 7-8 jam waktu tidur dalam sehari. bila memang seandainya terpaksa begadang, luangkan waktu lebih untuk tidur pada akhir pekan untuk mengganti waktu tidur yang hilang.
  6. Rajin mencuci tangan dengan sabun, tangan adalah bagian tubuh utama yang kita gunakan untuk melaksanakan tugas sehari-hari, sayangnya perpindahan virus dan bakteri juga terjadi sebagian besar pada bagian tubuh yang satu ini. Basuhlah tangan menggunakan sabun setiap ada waktu, terutama sebelum makan dan minum untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh. Ingat, mencuci tangan dengan air saja tidak cukup, gunakan sabun.
  7. Usahakan tubuh senantiasa hangat, hindari paparan dingin udara di luar. Gunakan jaket dan mantel. Makan makanan yang berkuah hangat. Bila ingin mandi saat udara dingin, gunakan air hangat. Selain dapat menghangatkan tubuh, mandi air hangat dapat menghilangkan stress. Tambahkan sedikit garam untuk membuat tubuh rileks.
  8. Kurangi rokok dan alkohol, keduanya mampu menurunkan ketahanan tubuh, selain itu rokok dapat melukai saluran pernafasan sehingga virus lebih mudah masuk.

Pancaroba memang merupakan masa yang tidak bisa dihindari. Sedikit banyak pertahanan tubuh kita pasti menurun. Dan bukan tidak mungkin virus dan bakteri berhasil masuk ke tubuh kita. Tapi selama kita terus menjaga kesehatan kita, virus dan bakteri tersebut tidak sampai menimbulkan dampak berarti pada tubuh.

MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI :)

0 comments:

Posting Komentar