Pages

Jumat, 26 Maret 2010

Aman menggunakan layanan taksi

Buat kaum Hawa nih, pernah nggak kalian terpaksa harus pulang larut malam, pas hujan deras, rumah masih jauh, sedangkan suami atau pacar nggak bisa dihubungin sama sekali. Gimana ya caranya pulang kalo sudah dalam kondisi kayak gitu?
Mayoritas dalam kondisi seperti itu kalian pada umumnya akan menggunakan transportasi apa saja yang mudah didapat, taksi pun menjadi jenis transportasi yang kerap dipilih.
Memang sih, bepergian dengan taksi lebih nyaman daripada menggunakan angkot, becak dan semacamnya. Taksi pun relatif lebih aman dan lebih minim perampokan.

Namun jangan salah, terkadang perampokan di taksi pun bisa terjadi.



Nah, daripada nunggu celaka, mendingan minimalisir resiko tersebut yuk!
(buat yang ngrasa bukan kaum hawa tapi sering bepergian naik taksi, tips ini berguna juga untuk anda. Atau nasehatilah istri atau kekasih anda bila mereka bepergian naik taksi)

Tips aman menggunakan taksi:
  1. Gunakan taksi yang terpercaya, dari awal tetapkan perusahaan-perusahaan taksi yang anda percaya. Yang sering keluarga atau teman anda gunakan. Usahakan menggunakan taksi tersebut.
  2. Pesan taksi secara langsung, lebih aman menggunakan taksi yang anda pesan daripada mencegat taksi di jalan.
  3. Lihat pakaian supir taksi apakah menggunakan seragam atau tidak, bila tidak waspadalah.
  4. Jangan gunakan perhiasan yang berlebih, bahkan ada baiknya bila sementara anda simpan di dalam tas.
  5. Duduklah di bangku belakang tepat di belakang supir ( pojok kanan jok belakang taksi), posisi ini memudahkan anda membela diri bila sopir melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.
  6. Perhatikan plat nomor dan nomor lambung taksi, saya sarankan untuk mengirimkan kedua identitas taksi ini kepada orang yang anda percaya melalui sms. Atau lebih baik lagi bila anda postkan di status Facebook atau Twitter anda.
  7. Tentukan rute perjalanan anda kepada sopir, jangan percaya bila sopir menawarkan jalan pintas, ancam untuk tidak membayar bila tetap tidak menggunakan rute yang anda inginkan.
  8. Terakhir, ini saran dari teman saya. Bawalah palu/martil bila menggunakan taksi, hehe. Ada benarnya juga sih kalo dipikir-pikir. Tapi lebih baik gunakan pepper spray, tazer(stun gun) atau expendable baton yang sekarang sudah banyak dijual di toko-toko hardware di sekitar anda, praktis dan mudah dibawa.

Dan ingatlah untuk selalu memohon keselamatan pada Tuhan YME :)

0 comments:

Posting Komentar