Pages

Sabtu, 12 Juni 2010

Mengatasi WC tersumbat

Saya yakin anda semua punya wc di rumah masing-masing. ( Bisa internetan kok nggak punya wc, hehe )
Jaman dulu sekali, saat wc masih belum ada, setiap kita ingin buang hajat pasti pergi ke sungai atau ke semak-semak. Berterima kasihlah pada penemu wc. :P

Namun ada kalanya wc mengalami sedikit gangguan. Mulai dari bau yang tak sedap, tutup yang rusak, dudukan yang berlumut, hingga wc tersumbat.

Dari semua hal diatas menurut saya yang paling mengganggu adalah wc yang tersumbat. Apalagi bila anda harus segera
menggunakan wc tersebut (baca: kebelet), tak jarang kita kalang-kabut. Sangat menyebalkan memang. Setuju ?

Masalah mampetnya wc menurut penyebabnya bisa dibagi dua:
  • Septik tank yang penuh, kalo yang ini sementara belum ada cara yang instan. Hanya bisa diatasi dengan menyedotnya atau dengan menanam bakteri di septik tank.
  • Saluran tersumbat, yang kedua ini bisa diatasi dengan berbagai metode.
Disini saya akan memberikan tips untuk mengatasi saluran yang tersumbat, :)
  • Cara yang biasa digunakan adalah dengan menggunaan alat yang bernama plunger. Bentuknya seperti payung yang terbalik, di indonesia memang jarang, tapi pasti anda pernah melihatnya di salah satu film kartun :P cukup tempelkan ke lubang wc dan goyang-goyang maju mundur untuk meluruhkan sumbatan yang ada di dalam saluran wc anda.
  • Cara yang kedua lebih simpel, menuangkan bahan kimia untuk melunakkan sumbatan yang padat sehingga bisa diguyur air. Bisa dibeli di toko-toko tertentu, namun masih agak susah mencarinya.
  • Namun ada dua zat alternatif yang bisa digunakan, garam dan soda api. Lebih mudah didapat dan lebih hemat. Soda api bisa didapat di toko bangunan. Kedua zat ini bisa gagal atau berhasil tergantung zat yang ada didalam saluran wc anda. Well, coba saja satu-satu. Kemungkinannya 50-50, tidak terlalu merepotkan bukan. Tuangkan soda api kira-kira segenggam tangan, kemudian guyur air yang banyak. 30 menit kemudian ulangi lagi. Cara yang sama juga berlaku bila anda menggunakan garam. Insyaallah hasilnya akan terlihat.
  • Bila cara yang diatas tidak berhasil mungkin septik tank anda memang sudah penuh atau ada kerusakan di dinding pipa saluran anda. Bila itu yang terjadi, saatnya anda memanggil profesional :)
Semoga berguna :)

3 comments:

Avatar's Fans mengatakan...

wah..terima kasih banyak yaaa tipsnya,, ngomong2x beli plunger dimana yaa? hehehe

Abim mengatakan...

Wah, coba deh di toko-toko peralatan rumah tangga. Coba aja di Ace Hardware, atau toko lainnya.

Marketing Bioklin Penguras WC tanpa sedot mengatakan...

Coba gunakan bioklin lebih praktis tinggal tuang

Poskan Komentar