Pages

Minggu, 06 Juni 2010

Berhenti Merokok.

Saya pernah membaca sebuah lelucon, seorang pria bertanya pada sahabatnya, "Aku ingin berhenti merokok, apakah susah untuk berhenti merokok?". Sahabatnya menjawab, "Gampang kok, sangat mudah. Aku bahkan sudah melakukannya belasan kali!".

Anda paham maksud lelucon ini kan? :)

Memang merokok adalah kegiatan yang sangat sulit dihentikan, terutama bagi
mereka yang tergolong perokok berat. Perokok ini dapat menghabiskan hingga berpak-pak rokok setiap harinya. Tentunya hal ini sangat mengganggu dan merugikan, tak hanya dari aspek kesehatan, namun juga dari aspek finansial. Bayangkan, jika setiap pak rokoknya seharga 10 ribu rupiah. Dan satu orang menghabiskan satu pak rokok sehari, bayangkan berapa biaya yang dia keluarkan dalam sebulan? Hitung biaya satu tahun dan anda akan tercengang. Merokok dapat membobol kantong anda dengan begitu mudahnya.

Belum lagi dari aspek kesehatan, saya rasa semua orang sudah tahu bahwa merokok memberi dampak yang negatif bagi kesehatan. Kanker, stroke, impotensi, bronkitis, jantung koroner, asfiksi, hanyalah sedikit contoh dari banyak penyakit yang dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Rokok mengandung ribuan bahan-bahan berbahaya yang normalnya terdapat di berbagai produk yang seharusnya tak dikonsumsi manusia. Misalnya pada pembersih lantai, obat nyamuk, racun tikus, karet, aspal, baterai, dll.

Lalu apa yang menyebabkan kebiasaan merokok ini sangat sulit dihentikan?
Rokok mengandung senyawa nikotin yang memberikan efek berkurangnya tingkat kecemasan, memberikan kenikmatan, toleransi dan keterikatan fisik. Semua itu menimbulkan efek adiktif pada si perokok sehingga bila perokok tidak merokok dalam jangka waktu tertentu, tubuh akan merespon dengan adanya rasa cemas, jantung berdebar, mulut terasa pahit, dll. Atas semua efek yang ditimbulkan nikotin ini maka zat ini dapat dikategorikan sebagai racun saraf.

Kesimpulannya, rokok itu berbahaya!

Namun penulis sangat mengerti akan susahnya berhenti merokok, sehingga saya sendiri yakin bahwa hal-hal yang saya ulas di atas hanya akan memberikan efek berarti bagi mereka yang belum merokok, namun tidak bagi perokok berat.

Jangan kuatir, saya juga sudah menyiapkan tips-tips ampuh namun mudah dilakukan yang bisa dilakukan oleh perokok berat maupun ringan untuk segera menghentikan kebiasaan merokok.

Simak tips berikut :
  • Niatkan diri untuk berhenti merokok. Untuk mencapai suatu tujuan, tentunya anda harus mengetahui apa tujuan anda. Niatkan diri anda bahwa anda ingin menghentikan kebiasaan merokok karena DIRI ANDA SENDIRI telah MENYADARI bahwa merokok memberikan dampak buruk bagi ANDA dan ORANG LAIN.
  • Mintalah dukungan lingkungan sekitar anda. Keluarga sangat besar pengaruhnya dalam proses ini. Bila anda dalam posisi sebagai orang yang berarti bagi orang yang ingin berhenti merokok, sadarlah bahwa dorongan dan pujian akan sangat membantunya dalam menghentikan kebiasaannya.
  • Minta rekan anda untuk tidak merokok di depan anda. Bahkan alangkah baiknya bila rekan anda juga berniat untuk berhenti merokok.
  • Buang barang-barang yang berhubungan dengan rokok. Bekas bungkus rokok, asbak, dan pemantik harus segera anda singkirkan sehingga menyulitkan anda untuk merokok. Bayangkan repotnya bila anda harus menyalakan kompor untuk merokok. Lama-kelamaan anda akan enggan untuk merokok. Memang berat pada awalnya, tapi percayalah.
  • Pergilah ke dokter gigi dan bersihkan gigi anda. Lihatlah betapa bersihnya gigi anda seandainya anda tidak merokok.
  • Alihkan perhatian anda. Dengan permen karet misalnya. Sebagian orang sebenarnya hanya membutuhkan sesuatu untuk di kulum di bibir, dan mereka berhasil berhenti merokok hanya dengan membiasakan diri mengulum tusuk gigi!
  • Jangan bawa korek atau pemantik (lighter) kemanapun anda pergi. Bila memang anda ingin merokok, anda harus meminjam korek pada orang lain. Setelah berhasil, maka kembangkan dengan tidak membawa rokok dan korek api. Sehingga anda harus meminta keduanya pada orang lain bila memang anda sudah tidak tahan. Bayangkan anda meminta korek api kepada orang lain, kemudian anda merogoh kantong dan berkata "Wah mas, rokok saya ketinggalan, minta sebatang dong sekalian". Dijamin lama kelamaan anda akan berhenti merokok :P
  • Bila anda berhasil menekan keinginan berhenti merokok, simpanlah uang rokok anda hari itu dalam tabungan khusus. Buka di akhir bulan dan belanjakan sepuas anda sebagai penghargaan untuk diri anda karena berhasil menahan keinginan merokok.
Yakin dan sabarlah bahwa anda akan berhasil. 1 hingga 2 minggu pertama adalah masa yang paling berat. Namun dengan niat dan hati yang teguh, anda pasti berhasil.

Everything is Possible !

0 comments:

Posting Komentar