Pages

Minggu, 25 Juli 2010

Rawat Handphone Kesayangan Anda.

x
x
Perkembangan teknologi kian hari kian pesat. Baik dalam bidang industri, otomotif, elektronika rumah-tangga, hingga teknologi telekomunikasi. Tak terkecuali pula gadge mungil yang tak lupa selalu kita bawa kemanapun kita pergi, handphone. Atau biasa disebut hape.

Bandingkan dengan satu dekade lalu. Handphone masih merupakan barang mewah. Hanya orang-orang berduit yang bisa memilikinya. Itupun masih berlayar monochrome dan deringnya masih monophonic. Siapa sangka hanya dalam waktu 10 tahun, abang becak depan rumah sudah bisa memiliki hape Qwerty dengan LCD 64ribu warna, nada polyphonic, dan berbagai fitur lainnya. Sungguh perkembangan yang amat cepat.



Namun walaupun handphone sudah bukan menjadi barang yang mewah dan bisa dibeli lagi dengan harga yang murah seandainya handphone kita rusak, bagi sebagian orang justru data di dalam handphone tersebut yang tak ternilai harganya. Misalnya: contact, sms, hingga data bisnis dan jadwal sehari-hari.

Maka penting bagi kita untuk mengetahui cara merawat handphone dengan benar. Bagi yang tak memiliki data penting di dalam handphone anda, rawat juga handphone anda! Hitung-hitung berhemat :)

Nih tipsnya:

  • Jika anda baru saja membeli handphone, pastikan ada garansinya. Perhatikan berapa lama garansi tersebut berlaku. Selama jangka waktu tersebut usahakan jangan memodifikasi handphone dan serviskan hanya di dealer resmi. Bila memang ada kesalahan dan cacat pada produk, jangan segan untuk mengklaim garansi anda
  • Segera lapisi layar handphone anda dengan screen protector. Tanpa sadar kita sering meletakkan barang lain bersama handphone di saku celana. Hal ini dapat membuat layar handphone tergores. Hanya dalam jangka waktu beberapa bulan saja layar handphone anda bisa penuh dengan goresan yang tak sedap dipandang mata.
  • Hindari meletakkan ponsel di tempat yang berair, lembab, dan berdebu. Ketiga kondisi ini dapat merusak komponen internal handphone. Walaupun handphone anda disebut-sebut sebagai handphone tahan air dan guncangan (beberapa merk sempat merilis handphone dengan fitur tersebut), sebaiknya tetap minimalkan contact dengan air, benturan, dan debu supaya handphone lebih awet.
  • Gunakan sarung ponsel atau protector dari bahan lateks dan jelly yang sekarang mudah didapatkan di berbagai toko aksesoris.
  • Sesekali bersihkan handphone anda dengan kain yang lembut dan dapat menyerap minyak dengan baik. Jangan sekali-kali menggunakan bahan kimia apapun, kecuali anda adalah seorang expert.
  • Charge hape anda saat kondisi baterai benar-benar mendekati habis, karena setiap proses mencharge akan memperpendek usia hape. Rata-rata usia baterai adalah 1000 kali charge, lebih dari itu baterai sudah tidak kondusif untuk digunakan. Ingat, memindahkan handphone yang sedang dicharge dari satu stop kontak ke stop kontak lainnya sudah termasuk 2 kali charge lho!
  • Gunakan fitur "lock keypad", ini cara standar untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Hindarkan ponsel dari tempat yang bersuhu terlalu panas atau terlalu tinggi.
  • Untuk handphone touchscreen, gunakan stylus standar dan hindarkan menyentuh LCD dengan barang yang tajam dan kasar. Sarung handphone dan screen protector menjadi barang wajib untuk handphone jenis ini.
  • Usahakan jangan berjalan saat sedang berbicara menggunakan handphone. Hal ini dapat membuat handphone  bekerja keras menyesuaikan sinyal dari BTS terdekat. Menelpon di dalam mobil yang sedang bergerak adalah contoh yang lebih buruk lagi.
  • Matikan fitur yang tidak perlu. Beberapa orang suka mengaktifkan IMnya walaupun tidak digunakan, hindari hal ini.
  • Jangan terlalu banyak di masuki video 3gp porno, karena bikin ketagihan dan konsumsi baterai cepat habis dan akhirnya harus di charge ulang, padahal baterai handphone memiliki umur terbatas.  : P
Sekian dari saya. Semoga berguna.

Mencegah lebih baik daripada mengobati :)


1 comments:

emon gundul mengatakan...

wahahaha, yg terakhir pengalaman sendiri tuh kayaknya xp

Posting Komentar