Pages

Minggu, 12 September 2010

Tidurlah Tanpa Lampu

Dear Reader, apakah anda terbiasa tidur dengan lampu menyala? Apakah anda seringkali merasa susah tidur bila lampu dimatikan? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut.

Beberapa orang memang mengalami kendala untuk tidur nyenyak dengan keadaan gelap. Tak disangka, ternyata kebiasaan ini dapat membahayakan kesehatan anda.



Penelitian menunjukkan bahwa saat tubuh berada dalam lingkungan dengan kondisi gelap, tubuh akan memproduksi sebuah senyawa yang bernama melatonin. Melatonin ini merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk menghindari rusaknya DNA. Kekurangan melatonin dapat menyebabkan sel-sel tubuh maupun asam lemak tumbuh menjadi sel-sel liar seperti tumor maupun kanker.

Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun”.

Perlu diketahui juga, dalam kurun waktu 40 tahun terakhir, jumlah anak-anak yang mengidap leukimia mengalami peningkatan dua kali lipat. Sungguh peningkatan yang amat signifikan. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal.

Bandingkan saja bagaimana cara anak sekarang tidur dengan cara anak-anak 40 tahun yang lalu tidur. Anak jaman sekarang, tentunya sangat berbeda bukan? Anak jaman sekarang cenderung tidur lebih malam, dan kebanyakan tidur dengan lampu menyala hingga mereka mencapai usia dewasa. Bahkan ada yang membawa kebiasaan tersebut hingga usia dewasa.

Sebaiknya ganti lampu anda dengan lampu yang temaram. Lampu dengan cahaya merah atau kuning yang lembut adalah lampu yang paling baik bagi kesehatan. Namun tidur dalam keadaan gelap tetap menjadi pilihan paling baik.
Dan jangan lupa untuk membiasakan anak anda untuk tidur dengan kondisi gelap.

Perubahan kecil dapat membawa manfaat besar :)

0 comments:

Posting Komentar