Pages

Rabu, 29 September 2010

Manfaat Buah Kurma

Siapa yang tidak tahu buah kurma? Anda pasti tahu buah manis berwarna kecoklatan ini. Dan saya pun yakin sebagian besar dari anda pasti pernah mencicipinya.

Di Indonesia, buah ini identik sebagai makanan ta'jil yang disantap sebelum sholat dan dilanjutkan ke hidangan utama.
Uniknya, Rasulullah pun menyantap 2-3 buah kurma sebagai hidangan ta'jil. Sebenarnya apa saja manfaat dari buah kurma ini?



Simak beberapa fakta berikut ini :
  • Kurma baik untuk memulihkan tenaga dan energi, kurma mengandung beberapa jenis gula alami: fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Ketiganya, terutama glukosa dapat meningkatkan energi dengan amat cepat. Glukosa adalah bentuk gula yang langsung dipakai oleh sel sebagai bahan penghasil sumber energi, sedangkan gula dalam kebanyakan makanan lain harus dipecah menjadi glukosa terlebih dahulu melalui sistem pencernaan.
  • Kurma mengandung zat besi yang baik untuk darah. Zat besi merupakan bahan baku untuk produksi sel darah merah. Karena itu, kurma sangat baik bagi penderita anemia.
  • Kurma baik bagi mereka yang sedang diet. Kurma tidak mengandung lemak ataupun kolesterol. Sebaliknya, kurma kaya akan serat sehingga cocok sebagai snack. Satu atau dua butir kurma sudah cukup mengenyangkan.
  • Kurma baik untuk jantung karena mengandung kalium yang penting bagi jantung. Tubuh tidak dapat menyimpan kalium, sehingga penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalium secara rutin. Makan kurma adalah salah satu cara yang paling mudah untuk melakukannya. Kandungan selenium pada kurma juga dapat mencegah serangan jantung.
  • Kurma juga disarankan untuk ibu yang sedang hamil dan menyusui karena kurma dapat memperkuat dinding rahim dan membantu mengehentikan proses pendarahan selama proses kelahiran. Kandungan gulanya juga dapat mengurangi stress pasca melahirkan. Kurma juga dapat memperkaya air susu ibu.
  • Kurma baik untuk gigi karena mengandung fluorin. Namun pastikan untuk rajin membersihkan gigi, karena gula dalam kurma dapat merusak gigi bila tidak dibersihkan.
  • Kurma dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Jadi kurma merupakan obat yang mujarab bagi insomnia dan stress.
  • Serat dalam buah kurma baik untuk mengatasi sembelit.
  • Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur. Kurma yang dikenali sebagai Phoenix dactylifera L. dapat mengobati gangguan usus yang kronik, dimana ketidakserasian dengan gluten, menghalang penyerapan zat-zat makanan secara sempurna.
  • Tekstur serat pada kurma cukup halus, aman untuk lambung sensitif atau radang usus.
  • Buah kurma dapat membantu meningkatkan tenaga dan libido pada pria maupun wanita.

Yah, saya rasa sudah cukup banyak manfaat buah kurma yang saya paparkan, dan faktanya masih banyak lagi manfaat-manfaat buah kurma yang belum saya ulas disini. Intinya, buah kurma mengandung segudang manfaat dan sangat dianjurkan bagi semua usia.



Semoga berguna dan mari makan kurma! :D

0 comments:

Posting Komentar