Pages

Minggu, 12 Agustus 2012

Fenomena Unik: Sungai yang Menembakkan Bola Api

Mungkin anda berpikir bahwa ini salah satu fenomena yang dekat dengan hoax. Tapi tidak sama sekali! Sungai yang terletak di Thailand ini benar-benar sering mengeluarkan bola api ke angkasa, tepatnya setiap bulan purnama pada bulan Oktober. Bahkan pemerintah setempat mengintegrasikan fenomena ini sebagai daya tarik pariwisatanya. Fireball River, sungai Mekong.

Di salah satu ruas bagian Sungai Mekong, sekitar 70-100 kilometer dari Vientiane, Ibukota Laos, fenomena ini terjadi. Setiap tahun pada pertengahan bulan Oktober saat bulan purnama, bola-bola api akan keluar melesat menuju angkasa dan lenyap pada ketinggian 20-30 meter. Hoax? Bukan! Ini bukanlah fenomena supranatural seperti UFO atau bigfoot. Fenomena ini memanglah ciri khas dari sungai mekong dan setiap orang puluhan ribu wisatawan berkunjung ke sungai ini untuk melihat fenomena unik ini.

Penjelasan Ilmiah

Hingga saat ini belum ada penjelasan ilmiah yang dapat diterima untuk fenomena bola api ini. Ada yang berpendapat bahwa fenomena ini diakibatkan adanya endapan gas terperangkap yang terbakar dan melesat ke angkasa. Namun teori ini ditolak karena dasar sungai sarat akan elemen pasir yang tidak memungkinkan adanya endapan gas. Endapan gas biasanya terdari di daerah rawa yang biasanya menyebabkan fenomena "bola api melayang", tapi itu bahasan lain waktu. Teori ini juga ditolak karena gas rawa tidak akan melesat secepat itu ke angkasa.

Ilustrasi


Teori lain mencoba menjelaskan bahwa fenomena ini hanyalah rekayasa dan dibuat oleh manusia. Sebuah stasiun tv mencoba menyingkap misteri ini dan sempat mendapatkan rekaman kapal tentara yang menembakkan semacam kembang api ke angkasa. Namun teori ini ditolak mentah-mentah karena penduduk di sekitar sungai ini, yang sudah terbiasa melihat bola api melesat ke angkasa dari sungai ini, telah menyaksikan fenomena ini sejak kecil. Seorang tetua masyarakat bahkan menjelaskan bahwa dia telah menyaksikan fenomena ini sejak kecil hingga ia berumur 93 tahun dan kakeknya pun mengatakan hal yang sama. Teori ini juga dianggap melecehkan keyakinan masyarakat sekitar.

Fireball


Legenda

Penduduk di daerah ini percaya, maksudnya benar-benar percaya, bahwa ada naga yang hidup di bawah sungai tersebut. Ada yang percaya bahwa banyak naga-naga yang tinggal adapula yang percaya bahwa hanya ada satu naga yang tinggal di sana. Legenda bercerita bahwa naga yang tinggal di sana dulu meminta kepada Buddha untuk dijadikan sebagai pengikut. Namun Buddha menolak karena naga bukanlah manusia dan tidak mungkin menjadi pengikut Buddha. Meskipun begitu naga tersebut secara sukarela menjadi pelindung dari Buddha. Saat ini diyakini bahwa naga tersebut menembakkan bola api ke angkasa sebagai upaya penyambutan kembalinya Buddha ke bumi.

Ada juga yang berpendapat bahwa sungai Mekong di zaman dulu adalah jalur bepergian para naga. Diyakini bahwa saat ini para naga tetap melewati sungai mekong melalui jalur bawah air.

Patung naga setempat

Festival Phanayak

Saat ini setiap pertengahan bulan oktober sungai Mekong akan dibanjiri oleh wisatawan yang jumlahnya mencapai 400 ribu pengunjung pada tahun 2002. Dilaporkan bahwa kemacetan yang diakibatkan arus wisatawan ini dapat mencapai 50 kilometer panjangnya.

Jadi sebenarnya ada rahasia apa di balik fenomena ini?




1 comments:

emon gundul mengatakan...

pernah baca dari enigma,,kutip kah bro?ada baiknya, kalo mengutip dikasih linkback ke penulis sebelumnya :)

Posting Komentar