Pages

Kamis, 01 April 2010

Khusyu dalam Sholat .


Dear reader, terbersit dalam benak saya untuk menambah nuansa religi yang menyegarkan dalam blog ini.
Jadi post kali ini khusus saya dedikasikan untuk para blogger dan reader muslim-muslimah :)



Teman semua pasti sudah tau, kalau dalam sehari kita diwajibkan untuk menegakkan sholat wajib sebanyak 5 kali dalam seharinya. Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya'.

Sebagian dari kita sudah rutin melaksanakannya, bahkan terasa ada yang mengganjal apabila kita lupa melaksanakannya. Tak jarang pula ada sobat yang muslim tiba-tiba terbangun pada jam 3 pagi karena lupa mengerjakan sholat Isya', dalam kasus ini saya percaya kita dibangunkan oleh Allah SWT untuk mengerjakan sholat Isya' :)

Tapi sayangnya masih ada sebagian dari kita para muslim dan muslimah yang masih merasa enggan melaksanakan sholat. Jangankan diikuti dengan sholat sunnah, sholat 5 waktu saja masih tidak lengkap.

Padahal bila kita renungkan, siapa yang butuh sholat, kita atau Allah SWT ?

Bila kita renungkan secara mendalam, sebenarnya kita diperintahkan oleh Allah untuk melaksanakan sholat adalah karena pada hakikatnya manusia memiliki kebutuhan spiritual, manusia adalah makhluk yang lemah, dan memerlukan keyakinan spiritual dalam setiap langkah dalam kehidupannya. Sholat adalah salah satu pemenuh kebutuhan tersebut.

Nah, apabila kita luput menyadari hal ini, sholat akan terasa menjadi beban, alhasil kita akan enggan dalam melaksanakannya.
Sholat sesungguhnya merupakan bentuk meditasi tertinggi dalam Islam, menjernihkan dan membawa ketenangan batiniah pada diri kita. Secara fisik pun sholat juga memberikan manfaat yang luar biasa.
Tapi manfaat-manfaat tersebut baru akan kita dapatkan bila kita sholat dengan khusyu', nggak susah kok.
Nih tips-tips yang bisa anda lakukan untuk sholat dengan khusyu':
  1. Berwudlulah dengan benar, jangan terburu-buru. Rilekskan pikiran anda dengan setiap basuhan air yang anda ambil. Jangan boros dalam memakai air, gunakan secukupnya.
  2. Niatkan hati untuk sholat khusyu'.
  3. Fokus pada sholat, lupakan sejenak hingar-bingar dan sibuknya dunia di luar sana. Istirahatkan sejenak hati dan pikiran anda dan fokuslah pada sholat yang sedang anda kerjakan. Jangan pikirkan tugas yang menanti anda atau ujian yang semakin dekat, yakinlah bahwa semua itu hanyalah masalah kecil dengan kuasa Allah.
  4. Jangan terburu-terburu dalam sholat (tuma'ninah), rasakan setiap gerakan yang anda kerjakan, biarkan rasa itu mengalir kedalam setiap segmen sel-sel dalam tubuh anda.
  5. Sebaiknya pelajari arti dari bacaan-bacaan do'a yang anda ucapkan, sehingga anda bisa lebih hanyut dalam do'a tersebut.
  6. Terakhir, bukan kita yang menciptakan rasa khusyu' tersebut, tapi kita akan memasuki kekhusyukan dengan sendirinya. Jangan bebankan pikiran anda dengan berusaha terlalu keras menciptakan rasa khusyu' tersebut, rileks.

Bila merasa belum bisa sholat dengan khusyu', jangan kecewa, terus kerjakan sholat dengan benar dan tidak terburu-buru, niscaya kita akan segera merasakan makna dari sholat yang sesungguhnya :)

1 comments:

emon gundul mengatakan...

subhanallah, trims tipsnya bro

Posting Komentar