Pages

Rabu, 26 Mei 2010

Sulit dapat ide? Rileks!



Anda merasa sulit mendapat inspirasi? Sering kehilangan ide? Sering buntu solusi saat menghadapi problem? Atau kesulitan menciptakan sesuatu yang baru?

Tentunya akan sangat mengganggu, apalagi bila anda adalah seorang pelukis, penulis, anggota tim kreatif, pebisnis, atau siapapun yang senantiasa membutuhkan ide cemerlang setiap saat.


Seringkali hal yang lumrah ini dapat membawa efek yang negatif. Anda bisa terpaku pada satu masalah selama berjam-jam, mengakibatkan stress. Alhasil kerja pun jadi tak maksimal, apalagi bila anda menjadi emosi hingga merugikan orang-orang di sekitar anda.

Jangan kuatir, solusinya sangat mudah :
  • Saat pikiran anda buntu, jangan paksa untuk berpikir. Ide lebih sering datang dengan sendirinya. Alih-alih duduk termenung selama berjam-jam, lebih baik bila anda segera cari udara segar, dan lakukan hal yang menyenangkan.
  • Buat diri anda rileks, jangan terbeban, namun juga jangan lupakan tujuan anda mencari inspirasi. Pikiran yang rileks, dikombinasikan dengan ingatan anda, ide akan muncul dengan sendirinya. Bahkan di waktu yang tak terduga, sedang duduk di wc misalnya :P
  • Bila sudah muncul, catatlah! Tuliskan! Rata-rata orang yang kesulitan ide bukanlah sulit mencari ide, tapi sulit mengingat ide. Maka bila ide cemerlang itu datang, ambil secarik kertas dan segera tuangkan ide anda di atas kertas tersebut. Singkat saja, tak perlu terlalu panjang. Bisa juga anda manfaatkan fitur "notes" di Handphone atau PDA anda.
Ingat, rileks dan fokus :)

0 comments:

Posting Komentar