Pages

Jumat, 28 Mei 2010

Makanan Penambah Daya Ingat

Ingatan kuat, belajar cepat, kerjapun lancar. Siapa yang tak menginginkannya?
Siapapun, mulai dari pelajar, orang kantoran, eksekutif, hingga ibu rumah tangga pun menginginkannya karena hal tersebut pasti dibutuhkan dan penting !

Orang tua pun juga pasti membutuhkannya, karena ingatan yang kuat juga merupakan salah satu kunci penting masa senja kita. Ah, betapa bahagianya bila bisa mengingat satu persatu nama cucu kita :)

Daya ingat erat kaitannya dengan kualitas otak besar kita, terutama bagian depan, yang bertugas untuk menyimpan memori
.

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kualitasnya adalah dengan memberikan asupan gizi yang baik untuk pertumbuhan maupun pemeliharaan otak.

Di internet banyak sekali daftar makanan yang bisa untuk menambah daya ingat, namun sebagian besar harganya mahal dan sulit didapat.

Disini penulis menyeleksi makanan yang paling berkhasiat untuk otak, namun hemat biaya dan pastinya mudah didapat, :
  • ASI, untuk bayi dan balita. It's a must! Anda pasti sudah tau, kalau ASI (Air Susu Ibu) adalah zat dengan nutrisi paling lengkap. Mengandung gizi yang seimbang serta zat-zat yang penting untuk pertumbuhan kecerdasan serta sistem imun anak. Jadi, jangan sampai sang buah hati tidak mendapatkan ASI :)
  • Ikan Laut, mengandung minyak ikan. Asam lemak ikan mengandung EPA dan Omega-3 yang merupakan substansi yang sangat baik untuk perkembangan serta pemeliharaan otak baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Ikan laut yang dianjurkan adalah salmon, walaupun lebih hemat bila anda mengonsumsi ikan laut dalam lainnya. Mengapa laut dalam? Karena ikan laut dalam memiliki kandungan gizi yang paling murni dan rata-rata masih belum tercemar. Dalam hal ini, saya merekomendasikan ikan patin. Belum pernah dengar? Wajar, ikan ini memang tidak begitu terkenal. Ikan ini memiliki rasa yang amat lezat, namun baunya agak amis. Untuk menghilangkan baunya, cukup tambahkan sedikit kecap manis atau jeruk nipis.
  • Telur, bagian telurnya kaya akan zat kolin yang baik bagi otak. Kandungan proteinnya yang tinggi juga berguna bagi tubuh anda secara keseluruhan. Namun berhati-hatilah mengonsumsinya bila anda memiliki alergi atau seorang pengidap kolesterol.
  • Kacang-kacangan, kaya akan vitamin E. Zat thiamin yang ada dalam tubuh kita plus Vitamin E akan membantu kerja sistem saraf di otak kita.
  • Gandum, bisa juga diganti dengan oatmeal. Mengandung vitamin B dan karbohidrat yang penting untuk metabolisme otak.
  • Sayuran berwarna. Tomat, wortel, labu, etc. Mengandung anti oksidan, menjaga stabilitas sel-sel otak anda hingga tak cepat tua.
  • Bayam, sumber zat besi yang bagus.
  • Pisang, mengandung banyak potassium dan potassium adalah mineral yang bagus untuk otak. Kandungan vitamin C nya juga akan membantu memelihara kesehatan tubuh anda.
  • Susu dan yoghurt, kedua sumber nutrisi ini mengandung berbagai nutrien yang penting bagi tubuh anda, mulai dari glukosa hingga kalsium dan vitamin.
Tak hanya otak, seluruh aspek kesehatan tubuh anda bergantung pada apa yang anda makan.
Eat well, live well :)

2 comments:

Anonim mengatakan...

ikan patin setau gw ikan air tawar deh...

Abim mengatakan...

Wah maaf, terima kasih atas klarifikasinya.

Poskan Komentar