Pages

Kamis, 30 Desember 2010

Awas! Buah Pohon Ini Bisa Meledak!

Buah yang dihasilkan pohon biasanya memiliki rasa yang manis dan menyehatkan. Dengan kandungan vitamin serta rasanya yang menggugah selera, banyak sekali orang yang rajin mengonsumsi makanan yang satu ini. Tapi pernahkah anda mendengar pohon yang buahnya dapat meledak?



Pohon ini dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, tapi kebanyakan ditemukan di Amerika Selatan, tepatnya di Hutan Amazon. Di Indonesia pun dapat ditemukan salah satu familinya, penduduk setempat menyebutnya Pohon Buah Roda.

Pohon ini termasuk pohon evergreen (hijau sepanjang tahun) dan dapat tumbuh hingga tingginya mencapai 30 meter.

Nama latinnya adalah Hura Brasiliensis atau Hura Crepitans, tapi penduduk setempat menyebutnya dengan sebutan Pohon Neraka, Monkey-no-climb Tree dan Dynamite Tree. Mengapa? Karena banyak sekali hal yang mengerikan, tapi unik, dari pohon ini.



Pertama akan saya bahas mengapa pohon ini disebut Pohon Neraka dan Monkey-no-climb.

Duri Tajam
Seluruh permukaan kulit pohon ini ditutupi oleh duri-duri tajam yang membuatnya tidak dapat dipanjat oleh monyet pemanjat sekalipun. Duri dari pohon ini kerap melukai hewan dan makhluk lain di sekitarnya yang tidak tahu dan tidak berhati-hati. Biasanya bila pohon ini terletak di kawasan wisata duri-durinya telah di cabut demi alasan keamanan.

Tidak hanya sampai disitu, perlu diketahui juga bahwa getah dari pohon ini sangat beracun. Para pemanah jaman dahulu kerap melumuri mata anak panahnya dengan getah pohon ini untuk menghasilkan satu tembakan yang dapat meracuni lawannya.  Getahnya dapat menyebabkan peradangan, luka dan iritasi, bahkan kebutaan sementara, ketika terkena mata. Getah dari pohon ini juga dimanfaatkan oleh para pemburu Suku Karibs untuk meracuni hewan buruan supaya mudah ditangkap.

Buahnya pun tergolong berbahaya. Satu gigitan saja maka anda akan mengalami kram usus, diare dan muntah, denyut jantung cepat dan mengalami kebutaan. Makan dua atau lebih, dan Anda dapat mengalami delirium (mengigau, gila, demam), kejang, dan bahkan kematian.

Nah, lalu mengapa di sebut Dynamite Tree?

Disinilah letak keunikan dari pohon ini. Buah yang dihasilkan Hura Crepitans mengandung semacam bahan peledak di dalamnya. Tak main-main, ledakannya cukup keras dan sanggup melontarkan isinya hingga jarak 100 meter! Suara yang dihasilkan pun cukup keras dan memekakkan telinga. Dari sinilah nama Dynamite Tree berasal.

Buah Hura Crepitans

Namun jangan salah sangka, ledakan ini ternyata bukanlah untuk melukai makhluk lain ataupun sebagai metode pertahanan diri. Buah ini akan meledak setelah matang, nah isi buah yang dilontarkan tersebut ternyata mengandung biji-biji calon individu Hura Crepitans berikutnya.

 Intinya, ledakan itu adalah mekanisme reproduksi alami dari pohon ini! 


Hebat kan? Siapa yang mengira proses reproduksi bisa dilakukan dengan cara seperti ini  :)

1 comments:

emon gundul mengatakan...

bijinya dilontarkan supaya tumbuh jauh dari induknya. Subhanallah

Posting Komentar