Pages

Kamis, 29 April 2010

Antara sekolah dan aktivitas.


Guys, kamu termasuk remaja aktif dengan segudang kegiatan?
Entah anggota OSIS, MPK, klub seni, klub bela diri, pekerja part-time dll biasanya memiliki satu masalah yang sama. Sulit membagi waktu.



Sering disebut-sebut kalau yang namanya pelajar itu tugasnya ya belajar. Tapi tampaknya kaum muda memiliki keyakinan berbeda, bahwa hidup tidaklah bergantung pada nilai akademis semata, tapi juga pada life skill, yang mana tidak kita dapatkan dari dalam kelas.
Life skill kita dapatkan dari berbagai hal yang kita praktekkan secara langsung, seperti berorganisasi, menulis novel, atau ngeblog, hehe.

Tapi bukan berarti akademis tidak penting lho,
Maka sangat penting bagi setiap pelajar yang aktif untuk mampu menyeimbangkan antara sekolah dan kegiatannya.

Some tips dari teman penulis yang amat sangat aktif dalam organisasi, namun memiliki nilai akademis yang memuaskan:
  1. Sukai kegiatanmu, pastikan kegiatan yang kamu lakukan membuatmu senang. Sehingga walaupun tubuh capek, tapi pikiranmu tidak terlalu terbeban.
  2. Jangan tunda-tunda pekerjaan, bila ada tugas dari guru segera selesaikan begitu ada waktu luang walaupun tugas itu baru dikumpulkan minggu berikutnya, karena sebagian besar kegiatan ekskul/organisasi memiliki jadwal yang tidak tentu.
  3. Maksimalkan waktumu di sekolah, sebisanya selesaikan tugas-tugasmu di sekolah, sehingga bila seandainya kamu harus pulang malam kamu bisa segera beristirahat.
  4. Bila memang harus lembur, luangkan waktu sejenak sebelum mengerjakan tugas-tugasmu untuk makan dan mandi air hangat. Selain mengistirahatkan badan sejenak, otak yang fresh membuat pekerjaanmu lebih cepat selesai.
  5. Putar musik favoritmu sambil mengerjakan tugas. Musik klasik adalah pilihan yang bagus, karena musik klasik dapat membuatmu tetap terjaga. Namun perhatikan volume suaranya, pastikan tidak terlalu keras hingga mengganggu pekerjaanmu.
  6. Terakhir, tambah jam tidurmu di hari berikutnya atau saat weekend untuk mengganti jam tidur yang hilang. Tidur yang cukup penting bagi semua orang.
Cheers :)

0 comments:

Posting Komentar