Pages

Sabtu, 09 April 2011

Sang Pelukis Tunanetra

John Bramblitt namanya. Kekurangan dan kelemahannya ternyata tak mampu mematahkan semangatnya untuk terus berkarya dan menginpirasi jutaan orang. The blind painter, John Bramblitt.

John Bramblitt, pria asal Amerika Serikat. Dilahirkan tahun 1971. Sejak kecil Bramblitt telah berjibaku melawan epilepsi yang kerap membuatnya mengalami seizures atau kejang-kejang.

Saat umurnya mencapai 30, Bramblitt mendapat serangan epilepsi yang cukup parah hingga merusak syaraf optik matanya. Bramblitt pun resmi kehilangan kemampuan melihatnya. Musibah macam ini tentu saja merupakan pukulan berat bagi siapapun yang mengalaminya, tak terkecuali John Bramblitt. Bramblitt sendiri mengakui dia sempat mengalami masa-masa sulit sebelum akhirnya mampu menerima semuanya.

Di masa-masa sulit itu, Bramblitt menemukan kanvas dan cat sebagai wadah penyalur emosinya. Dia bahkan dapat bergelut dengan kanvas selama 16 jam dalam sehari. Siapa sangka seorang pria yang sebelumnya tak bisa melukis sekarang dapat menciptakan lukisan yang bernilai seni tinggi.

Tunanetra yang mampu "melihat"

Mata memang sudah tidak berfungsi, namun perlu diketahui bahwa bila salah satu indra satu makhluk tidak berfungsi empat indra lainnya akan mengalami perkembangan yang pesat. Inilah yang dimanfaatkan oleh Bramblitt.

Bramblitt mulai belajar untuk "melihat" dengan meraba. Salah satu ketrampilan John yang unik adalah dia mampu melukis wajah seseorang yang baru dia temui dengan ketepatan yang luar biasa. Dia hanya perlu meraba wajah modelnya dan dia pun mampu menciptakan lukisan portrait dari orang tersebut.

Keuntungan lainnya, walaupun Bramblitt buta, dia tetap dapat mengetahui wajah istri yang dicintainya. Sungguh sebuah keajaiban :)

Teknik

John biasa menggunakan matte fabric paint sebagai sketsa awal. Dengan cara itu meskipun tidak bisa melihat, Bramblitt tetap bisa "melihat" karena matte fabric paint akan meninggalkan bekas timbul yang mudah diraba olehnya.

Baiklah, itu untuk desain dan teksturnya. Lalu warnanya bagaimana?

Lukisan yang bagus tak lepas dari komposisi warna yang indah, setuju? Kita semua tahu bahwa seorang tunanetra dapat merasakan tekstur, meraba, dsb. Tapi apakah mungkin melihat warna?

Ternyata disinilah keunikan yang paling unik dari seorang John Bramblitt! John mampu "melihat" warna dengan cara meraba tekstur cat tersebut! Sebagai contoh, dia mengatakan cat putih terasa lebih kental dan creamy dibandingkan dengan cat hitam yang terasa kaku. Untuk memperoleh warna abu-abu dia akan mencampurkan keduanya hingga terasa antara creamy dan kaku.

Sulit dipercaya memang, tapi karya-karyanyalah bukti nyata dari kemampuannya.


Inspiratif

Hingga saat ini, Bramblitt telah menjadi semacam role-model bagi penggemarnya. Video tentang dirinya pun telah sukses menginspirasi jutaan pengguna Youtube hingga dinobatkan sebagai The Most Inspirational video.

Berbagai medali dan penghargaan telah didapatkannya, termasuk President Golden Volunteer Award atas jasanya dibidang seni yang di wujudkan dengan mendirikan mengadakan free art workshop untuk masyarakat menengah kebawah yang tidak memiliki akses ke seni.

Karya-karyanya telah dipamerkan di lebih dari 20 negara dan dia masih akan terus berkarya.

Penghargaan:


2010     ArtBreak Award – Presented by Mayor Cedric B. Glover and Pam Atchison (Executive Director of Shreveport Arts Council)
2008    Most Inspirational Video for 2008 – YouTube
2007    President’s Golden Volunteer Service Award
2006    October 12, Proclamation by Mayor Herbert Gears presented to John making October Disability month for Irving, TX
President’s Golden Volunteer Service Award
2005    President’s Golden Volunteer Service Award

Pameran-pameran yang telah diadakan olehnya bisa dilihat di sini
Dan ini website resminya : bramblitt.net
Kata-Kata Penulis
John Bramblitt bukanlah seorang tokoh ataupun selebriti. Dia bukanlah seorang kaya ataupun terkenal sebelum tahun 2001, tahun dimana dia kehilangan penglihatannya.
Banyak orang mengira bahwa sebuah kesuksesan hanya dapat kita raih dengan adanya keberuntungan, nasib baik, dukungan, harta, koneksi, dan lain-lain.
Namun lihatlah, apakah kehilangan penglihatan adalah sebuah keberuntungan? 
Tidak bila anda melihatnya dari pandangan umum. 
Tapi ingatlah, sebuah batu dapat menjadi batu sandungan, tapi dapat juga menjadi batu loncatan menuju masa depan yang lebih baik.
Selamat berkarya :)

P.S.: Ini contoh-contoh karya lukisannya.














0 comments:

Posting Komentar